Tips Agar Panel Surya Bertahan Lama

Sel surya organik adalah jenis sel surya baru yang fleksibel, ringan, dan terjangkau (sekitar 1/3 lebih murah daripada sel surya anorganik). Kelemahan utama dari sel organik adalah bahwa mereka kurang efisien dalam mengubah sinar matahari menjadi listrik dibandingkan dengan sel surya konvensional. Secara umum, tingkat efisiensi sel organik sekitar 1-3%, sedangkan tingkat efisiensi sel surya berbasis silikon tipikal adalah sekitar 15-20%. Sel surya organik film tipis yang lebih efisien (10-12%) juga tersedia, tetapi saat ini diproduksi dengan produksi yang lebih sedikit. Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli sel surya organik, pastikan Anda puas dengan efisiensinya. Efisiensi sel surya organik diperkirakan akan terus meningkat. Mengingat peningkatan yang signifikan dalam penelitian ilmiah dan pengembangan sel surya yang terbuat dari bahan organik, munculnya baterai yang sangat kuat adalah masalah waktu.

 


Faktanya, setiap orang DIY dapat menggunakan sel darah merah organik (alias sel Gretzel, sel surya pewarna nanokristalin, atau sel surya yang peka terhadap warna) menggunakan pewarna magenta alami yang ditemukan dalam ceri, raspberry, blackberry, dan blackcurrant. Baterai) dari awal. Dan buah-buahan lainnya. Pewarna dapat diekstraksi dengan merebus buah dan daun dalam air minum, membuat sel-sel organik dari awal bisa sangat memakan waktu (bisa memakan waktu hingga 24 jam untuk memanggang titanium dioksida yang peka terhadap pewarna yang diperlukan pada kaca). Selain itu, mungkin sulit untuk memegang gelas pretreated dengan satu bahan konduktif. Oleh karena itu, umumnya lebih mudah untuk menggunakan kit sel surya organik yang tersedia secara komersial yang dapat dimasukkan ke dalam panel.

Tingginya biaya baterai anorganik dan tingkat konversi baterai organik yang buruk adalah faktor yang mencegah beberapa pemilik rumah menggunakan sel surya sebagai sumber listrik. Namun, karena biaya rendah baterai organik (tiga hingga empat kali lebih murah daripada baterai konvensional), pemilik rumah dengan atap besar dan ruang kebun yang besar dapat memasang panel yang cukup untuk menyediakan energi hijau di seluruh rumah. Dapat memasok Selain itu, harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan baterai anorganik umum yang mahal.

 

Baca juga selanjutnya : Panduan Solar Panel DIY

 

Sel surya organik jauh lebih murah daripada sel surya anorganik, tetapi sekitar dua kali lebih banyak sel organik yang diperlukan untuk menghasilkan jumlah daya yang dihasilkan oleh sel berbasis silikon. Dengan demikian, sel surya organik mungkin bukan pilihan yang baik untuk pemilik rumah dengan atap dan ruang taman yang terbatas. Namun, baterai organik yang lebih murah dapat digunakan untuk menyalakan perangkat dengan watt rendah seperti ponsel dan laptop.

Sel surya organik dapat dengan mudah diproduksi menggunakan bahan yang murah. Efisiensi konversi yang rendah belum memungkinkan penggunaan yang luas, tetapi baterai organik memiliki masa depan yang cerah. Saat ini, baterai organik dapat bersaing dengan biaya bahan bakar fosil dan mendekati efisiensi baterai anorganik. Di masa depan, sel surya organik akan lebih efisien, tahan lama, lebih terjangkau, dan tersedia dalam skala besar untuk semua kebutuhan listrik.

Share post to