Cara Menghubungkan Solar Panel Ke Perangkat

Ada tiga jenis utama inverter surya: inverter grid tie, inverter mandiri, dan cadangan baterai +
inverter. Inverter terikat jaringan adalah perangkat listrik yang cocok dengan gelombang sinus utilitas, dan memungkinkan Anda untuk memberi makan listrik yang dihasilkan surya Anda ke dalam jaringan utilitas lokal Anda. Perangkat akan mati secara otomatis jika listrik padam untuk alasan keamanan. Inverter kisi-kisi tidak dapat memberikan daya cadangan.

Mengapa Anda ingin mengikat sistem bertenaga surya Anda ke jaringan listrik?

• Anda akan dapat menggunakan listrik yang dihasilkan oleh sistem bertenaga surya Anda untuk memberi daya pada peralatan rumah tamgga Anda (dari generator surya ke jaringan listrik, dari jaringan ke peralatan Anda).

• Setelah kelebihan listrik dihasilkan oleh sistem operasi Anda, Anda akan melihat meteran berputar ke belakang, dan akan mendapatkan kredit pada tagihan listrik Anda berikutnya atau mendapatkan cek dari perusahaan listrik setempat.

 

Sebuah pertanyaan yang sering diajukan oleh pemilik rumah adalah ini: Mengapa beberapa orang mendapatkan cek dan yang lain hanya mendapatkan kredit pada tagihan listrik berikutnya? Perbedaan ini adalah hasil dari kebijakan penjualan listrik yang berbeda yang diterapkan oleh berbagai perusahaan listrik. Bergantung pada perusahaan listrik yang terhubung dengan rumah Anda, Anda bisa mendapatkan cek atau kredit. Dalam kedua kasus tersebut, perusahaan wajib mengambil energi Anda yang berlebih. Bagaimana cara kerja inverter grid tie?

 

Baca juga selanjutnya : Tips Agar Panel Surya Bertahan Lama

 

Inverter kisi-kisi dirancang untuk mengubah listrik DC yang dihasilkan oleh panel surya menjadi listrik AC normal yang cocok untuk digunakan di rumah. Perhatikan bahwa ketika inverter mengubah arus searah 12V menjadi arus bolak-balik 110V biasa, konversi daya ini menggunakan sebagian daya yang dihasilkan. Sistem bertenaga surya yang menggunakan inverter yang diikat jaringan juga akan mencakup panel surya yang menyerap sinar matahari, pengontrol muatan, dan perangkat keras pemasangan. Jika Anda memutuskan untuk memasang sistem seperti itu sendiri, Anda perlu menyolder, memasang kawat, dan memasang unit surya Anda, lalu mengikatnya ke jaringan listrik. Inverter kisi kotak dapat dibeli secara terpisah. Namun, jika Anda berencana untuk membeli kit DIY untuk membangun sistem bertenaga surya Anda, ingatlah bahwa inverter biasanya akan datang dengan kit.

 

Saat Anda menelusuri manual dan diagram surya, Anda akan melihat bahwa banyak sistem juga menggunakan baterai menyimpan energi. Apakah Anda memerlukan baterai jika Anda ingin memasang sistem yang terhubung ke jaringan? Tidak, tidak. Namun, jika Anda ingin memberi diri Anda cadangan jika terjadi pemadaman listrik, Anda mungkin ingin juga memasukkan baterai ke dalam sistem Anda. Ingat bahwa baterai akan meningkatkan biaya sistem Anda, dan juga akan membuat lebih sulit untuk mentransfer semuanya. Dalam kasus sistem tenaga surya mandiri, penting untuk memilih inverter yang tepat untuk sistem Anda. Bahkan jika Anda memasang sistem yang sangat besar dan kuat, inverter yang lebih lemah mungkin tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan beberapa peralatan rumah tangga Anda, seperti microwave, penyedot debu, gergaji bundar, dan peralatan yang memakan energi lainnya. Karena itu, akan lebih bijaksana untuk memilih inverter yang kuat.

 

 

 

Share post to